Arti Kode Plat AD dan Pembagian Huruf Belakangnya

Arti Kode Plat Ad
Arti Kode Plat Ad

Setiap  kendaraan bermotor wajib memiliki plat nomor ketika digunakan untuk beraktifitas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, plat nomor digunakan sebagai media identifikasi kendaraan. Ada berbagai macam kode plat nomor di Indonesia, salah satunya adalah plat nomor ad. Berikut merupakan informasi terkait plat nomor tersebut serta aturan umum mengenainya. 

Daerah dengan Kode Plat Nomor AD

Plat nomor ini digunakan untuk wilayah eks Keresidenan Surakarta atau solo, baik untuk kendaraan bermotor maupun mobil yang pemiliknya berdomisili di wilayah tersebut. Terdapat beberapa wilayah Solo, Jawa Tengah yang menggunakan kode nomor kendaraan ini, diantaranya Surakarta kota, Karanganyar, Wonogiri, dan yang lainnya. 

Read More

Anda tidak boleh membuat sembarangan plat nomor kendaraan, sebab Anda harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahan yang digunakan untuk membuat kode nomor kendaraan menggunakan bahan aluminium, baik untuk wilayah Surakarta maupun wilayah lain yang ada di Indonesia. 

Dengan menggunakan bahan yang sama, cara penulisan yang serupa, maka proses identifikasi suatu masalah di jalan bisa dilakukan dengan mudah. Terutama oleh bagian polisi lalu lintas di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. 

Kode Plat Nomor AD Secara Rinci dan Wilayahnya 

Masing-masing wilayah Solo atau eks Keresidenan Surakarta memiliki plat nomor ad dan kode di belakang yang mengikutinya. Untuk memudahkan Anda, berikut merupakan rincian mengenai plat nomor di wilayah tersebut.

Kota SurakartaKode belakang **A/ *S/ *U/ *HKode plat AD
Kabupaten WonogiriKode belakang **G/ *R/ *IKode plat AD
Kabupaten BoyolaliKode belakang **D/ *W/ *MKode plat depan AD
Kabupaten SragenKode bagian belakang **E/ *N/ *YKode plat depan AD
Kabupaten KaranganyarKode bagian belakang **F/ *P/ *ZKode plat depan AD
Kabupaten SukaharjoKode bagian belakang **B/ *T/ *K/ *OKode plat AD
Kabupaten KlatenKode bagian belakang **C/ *V/ *Q/ *L/ *JKode plat AD
Arti Kode Plat AD

Ketahui Aturan Mengenai Warna dalam Plat Nomor Kendaraan 

Ketika Anda hendak membuat plat nomor kode ad maupun plat nomor yang lain, terdapat aturan yang harus Anda patuh terkait warna yang digunakan. Pemilihan warna yang berbeda bisa memudahkan proses identifikasi jenis kendaraan yang dipakai oleh seorang pengendara. 

Aturan ini tidak hanya berlaku untuk wilayah Solo atau Surakarta saja, berikut merupakan beberapa aturan terkait penggunaan warna dalam plat kendaraan bermotor. 

  1. Warna dasar hitam, kemudian memakai tulisan berwarna putih, maka kendaraan tersebut merupakan kendaraan sewa atau digunakan untuk perseorangan. 
  2. Berbeda dengan plat nomor ad atau plat nomor lain yang menggunakan warna dasar berwarna kuning, sedangkan tulisan yang digunakan berwarna hitam. Maka kendaraan tersebut merupakan jenis kendaraan umum, biasanya merupakan transportasi milik pemerintah. 
  3. Warna dasar plat nomor merah, sedangkan tulisan diatasnya menggunakan warna putih. Maka besar kemungkinan ia merupakan kendaraan yang dimiliki oleh pemerintah wilayah tersebut. 
  4. Plat dengan warna dasar putih atau merah, sedangkan tulisannya berwarna hitam. Maka ia merupakan kendaraan bermotor untuk korps diplomatic dari luar negeri atau warga asing. 
  5. Plat nomor ad atau nomor laun yang memiliki warna dasar hitam, kemudian tulisannya berjumlah 5 angka dengan kode Negara yang dicetak kecil. Biasanya hal tersebut diikuti dengan warna tulisan putih, maka ia merupakan kendaraan bermotor staf operasional dari korps diplomatic yang berasal dari luar negeri. 

Penggunaan plat nomor tidak serta merta digunakan seumur hidup kendaraan yang Anda miliki, ada perpanjangan jika masa berlakunya sudah habis. Untuk menentukan apakah plat nomor ad Anda sudah habis masa berlakunya, Anda bisa mengecek pada 2 angka pertama yang menunjukkan bulan masa berlaku berakhir. 

Kemudian lihat pula 2 angka terakhir pada bagian tahun untuk menentukan kapan waktu berlaku tersebut habis. Anda bisa mengurus perpanjangan dan penggantian plat nomor tersebut di samsat terdekat yang ada di wilayah Anda. 

Itulah berbagai informasi mengenai kode plat nomor AD dari Jambinow.com yang wajib Anda ketahui, terutama jika Anda berdomisili di Solo atau Surakarta. Informasi tersebut semoga bermanfaat untuk Anda yang hendak mengurus kode plat untuk kendaraan. 

Related posts