Arti Kode Plat AG dan Pembagian Wilayah Huruf Belakangnya

Arti Kode Plat Ag
Arti Kode Plat Ag

Di Indonesia penggunaan plat nomor untuk kendaraan merupakan hal yang penting, fungsinya sebagai pengenal dan identitas suatu kendaraan. Salah satu plat nomor yang digunakan adalah plat nomor ag, yang menjadi kode untuk suatu wilayah tertentu. Berikut ini merupakan informasi mengenai plat nomor tersebut yang sebaiknya Anda ketahui. 

Wilayah untuk Plat Nomor AG 

Wilayah yang menggunakan plat nomor ini adalah wilayah eks Keresidenan dari Kediri, salah satu regional yang ada di Jawa Timur. Tidak hanya kendaraan bermotor saja yang menggunakan plat nomor ini, melainkan juga kendaraan lain yang secara legal berasal dari wilayah tersebut. 

Read More

Dalam menggunakan plat nomor ag, maka ia juga harus diikuti dengan nomor kode bagian belakang. Dengan begitu, setiap kendaraan memiliki nomor kombinasi yang unik dan bisa dibedakan antara yang satu dengan yang lain. 

Terdapat beberapa wilayah lain yang menggunakan plat nomor ini, diantaranya Kabupaten wilayah Tulungagung serta Trenggalek, kemudian Blitar dan juga Nganjuk. Berikut merupakan informasi yang lebih rinci terkait dengan plat nomor tersebut. 

Kode Plat Nomor AG dan Kode Bagian Belakangnya 

Agar memudahkan Anda memahami penggunaan kode plat nomor, berikut merupakan rincian kode yang boleh digunakan untuk wilayah eks Keresidenan Kediri tersebut, diantaranya:

Wilayah kota BlitarKode belakang kendaraan P** dan Q*Kode plat nomor AG
Kabupaten Trenggalek Kode bagian belakang kendaraan adalah Y** dan Z**Plat nomor kendaraan depan AG
Kabupaten TulungagungKode belakang kendaraan O**/ R**/ dan juga S* serta T*Plat nomor kendaraan depan AG
Kabupaten KediriKode belakang kendaraan D**/ E*/ F*/ J*/ H*/ G*Plat nomor kendaraan depan AG
Kota KediriKode belakang Kendaraan A**/ B*/ serta C*Plat nomor kendaraan depan AG
Kabupaten BlitarKode belakang kendaraan adalah I*/ K**/ L* dan juga N* serta M*Kode bagian depan AG
Arti Kode Plat AG

Ketahui Cara Memperpanjang Plat Motor

Untuk plat nomor ag dan seluruh plat nomor dengan kode lainnya di Indonesia, ia memiliki masa berlaku. Apabila masa berlaku tersebut habis, maka ia harus memperpanjang usia dan penggunaan dari plat nomor tersebut. Jika pengendara menolak untuk memperpanjang plat nomor, maka ia bisa dikenai denda dan kendaraannya dihitung sebagai kendaraan yang tidak legal. 

Cara untuk memperpanjang plat motor sebenarnya tidak sulit, Anda bisa melakukannya di samsat di kota Anda, berikut merupakan rinciannya. 

  1. Mendaftar 

Untuk melakukan penggantian plat nomor, da harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, namun jangan lupa bawa dokumen dan identitas kendaraan yang Anda miliki, sehingga proses pendaftaran menjadi lebih cepat. 

  1. Cek Fisik Motor

Berikutnya keadaan fisik motor Anda akan diperiksa oleh petugas, biasanya dilakukan di parkiran samsat. Dalam cek fisik motor, semua bagian motor akan diperiksa standarnya, misalnya ban motor yang dipakai, spion, dan bagian lain motor agar tidak membahayakan pengendara. 

  1. Legalisir dan Isi Formulir 

Jika Anda sudah melewati tahapan tersebut, maka Anda bisa melanjutkan dengan menyerahkan hasil dokumen kendaraan yang telah diperiksa dan melakukan pengisian formulir. Formulir tersebut akan diberikan oleh petugas dan harus Anda isi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 

Usahakan tidak ada kesalahan dalam pengisian formulir perpanjangan plat nomor ag dan plat nomor lainnya. Jika Anda kesalahan, maka Anda harus segera memberitahukan hal tersebut kepada petugas. Langkah selanjutnya adalah menuju loket di samsat dan melakukan pembayaran sesuai aturan. 

  1. Pembayaran

Selanjutnya formulir dan berbagai dokumen Anda akan diproses, bawa semua dokumen tersebut di bagian loket untuk dibayarkan. Jangan lupa simpan biaya pembayaran tersebut untuk digunakan jika memang diperlukan. Setelah tahapan pembayaran, STNK Anda bisa diambil sesuai dengan nomor urutan yang Anda ambil.

Demikianlah berbagai informasi mengenai plat nomor AG dari Jambinow.com yang sebaiknya Anda ketahui, berikut dengan penjelasan mengenai perpanjangan plat nomor. Informasi tersebut semoga bisa menambah pengetahuan Anda, terutama untuk mereka yang hendak melakukan penggantian dan pendaftaran identitas motor di samsat terdekat.

Related posts