Arti Kode Plat DA dan Aturan Huruf Belakangnya

Arti Kode Plat Da
Arti Kode Plat Da

Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang luas dan terdiri dari ribuan daerah. Tidak mungkin semua wilayah atau daerah tersebut memiliki kesamaan, bahkan dalam hal sepele seperti plat nomor sekalipun. Karena itulah, Anda bisa menemui kode plat nomor yang berbeda untuk setiap wilayah di Indonesia. Contohnya plat nomor DA yang merupakan plat nomor dari wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Tabel Kode Wilayah Plat Nomor DA 

Sebagaimana kode plat nomor yang ada di wilayah Indonesia lain, plat nomor DA ini juga mencakup beberapa daerah lain di sekitar wilayah Banjarmasin. Wilayah yang tercakup dalam kode plat nomor ini antara lain Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kabupaten Kota Baru hingga Kabupaten Banjar Baru. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak pada tabel berikut.

Read More
Nama Kota/Kabupaten Kode Plat Nomor Depan Kode Plat Nomor Belakang 
Kota Banjarmasin DA A**/T**/C*/I*/J*/N*/O*/S*V*/W*/X*
Kabupaten Banjar DAB**/Q* 
Kota Banjarbaru DA  P**/R*
Kabupaten Barito KualaDA M** 
Kabupaten Balangan DA Y* 
Kabupaten Kota Baru DA G* 
Kabupaten Hulu Sungai TengahDA E**
Kabupaten Hulu Sungai Selatan DA D** 
Kabupaten Hulu Sungai Utara DA F** 
Kabupaten TapinDA K** 
Kabupaten Tabalong DAU*/H**
Kabupaten Tanah LotDA L** 
Kabupaten Tanah Bumbu DA Z** 
Arti Kode Plat DA

Bagaimana Cara Membaca Plat Nomor Kendaraan 

Nah, dari sekian banyak kode plat nomor DA dan daerah cakupannya ini mungkin akan sedikit merepotkan jika Anda harus menghafalkan semuanya. Anda mungkin cukup menghafalkan daerah asal kendaraan Anda saja. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengidentifikasi kendaraan dengan plat nomor yang memiliki kode serupa. 

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, Anda setidaknya juga harus tahu bagaimana cara membaca plat nomor atau nomor tanda kendaraan bermotor. Umumnya kode plat nomor ditulis dengan urutan huruf (menunjukkan kode wilayah) diikuti dengan 1-4 digit nomor polisi dan terakhir 2 sampai 3 huruf penunjuk daerah dan pembeda. Agar lebih memahami, perhatikan cara membaca plat nomor berikut.

  1. Huruf Awal 

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, pada tanda nomor kendaraan bermotor akan diawali oleh 1-2 huruf di bagian paling depan. Jika Anda melihat huruf yang letaknya paling depan ini, maka huruf ini menunjukkan kode wilayah registrasi atau wilayah pendaftaran asal dari kendaraan tersebut. Maka, untuk plat nomor DA artinya mobil atau motor dengan plat yang diawali dengan DA ini terdaftar di daerah Banjarmasin.

  1. Kombinasi Angka di Tengah 

Setelah huruf kode wilayah selanjutnya diikuti dengan kombinasi 1-4 digit angka yang letaknya di tengah. Kombinasi angka di tengah ini adalah nomor polisi, yang mana biasanya kombinasi angkanya adalah berdasarkan urutan registrasi kendaraan tersebut. 

Di Indonesia sendiri, pengguna kendaraan bermotor sangat banyak jumlahnya. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jika kombinasi angka yang dialokasikan sudah habis? Jika hal tersebut terjadi, maka nomor yang digunakan akan kembali ke nomor urut registrasi awal. Namun sebagai pembeda ditambahkan tanda pengenal lain berupa abjad mulai dari A-Z di bagian belakangnya. 

Di beberapa daerah, bahkan kombinasi angka di tengah ini bisa menunjukkan jenis kendaraan yang digunakan. Apakah itu kendaraan berjenis sedan, SUV, minibus, truck dan lain sebagainya. Jadi proses identifikasi identitas kendaraan melalui plat nomor lebih dimudahkan.

  1. Huruf Setelah Angka 

Setelah kombinasi angka di bagian tengah, kemudian diikuti dengan huruf lagi di bagian belakang. Untuk huruf pertama yang tertulis setelah angka, huruf tersebut menunjukkan daerah asal kendaraan. Hurufnya berbeda-beda dan mewakili daerah yang berbeda sebagaimana yang sudah tertulis di dalam tabel di atas. 

Maka, jika ada plat nomor DA diikuti dengan kombinasi 4 digit nomor polisi, kemudian huruf pertama tertulis A** misalnya, maka bisa disimpulkan jika kendaraan tersebut berasal dari daerah Kota Banjarmasin. Nah, baru dua huruf di belakang huruf A tersebutlah yang menjadi tanda pengenal sebagaimana yang disebutkan dalam poin sebelumnya. 

Demikian tadi penjelasan singkat dan jelas tentang plat nomor DA dari Jambinow.com, asal wilayahnya dan bagaimana cara membaca plat nomor kendaraan bermotor. Jadi, meskipun Anda tidak hafal keseluruhan plat nomor kendaraan, dengan panduan ini setidaknya Anda bisa membaca dari mana plat tersebut berasal. 

Related posts