Cara Daftar KIP Kuliah Terbaru 2021-2022 dan Jadwal Acuannya

Panduan Dan Jadwal Kip Kuliah Kemdikbud 2021 2022
Panduan Dan Jadwal Kip Kuliah Kemdikbud 2021 2022
AAAAAAAAAAAAA

KIP menjadi program prioritas presiden Joko Widodo dalam Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini dibuat untuk membantu anak dari keluarga miskin/kurang mampu, agar dapat mendapatkan layanan pendidikan sampai perguruan tinggi. Selain itu program ini juga bertujuan agar siswa tidak putus sekolah, serta dapat mendorong semangat siswa dalam kegiatan belajar-mengajar baik formal maupun non-formal.

Adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) telah disampaikan melalui Instruksi Presiden No. 7 tahun 2014, agar diberikan kepada anak-anak usia 6 sampai 21 tahun dari kalangan keluarga yang telah menerima KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).  Dimana bantuan dana untuk siswa ini dikategorikan berdasarkan tingkatan sekolah. Untuk siswa di bangku Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Paket A diberi Rp 225.000 per semester

Untuk siswa yang duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah/ Paket B diberi uang sejumlah Rp 375.000 per semester. Lalu untuk siswa yang ada di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Paket C diberi uang sebesar Rp 500.000 per semester. Sedangkan untuk siswa yang menjalani kursus dalam satu periode selama satu tahun diberikan uang sebesar Rp 1.0000.000,00

Untuk sekarang ini, KIP bisa membantu siswa-siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas yang diharapkan. KIP kuliah merupakan bantuan pendidikan yang digunakan untuk membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau pendidikan. Selain itu KIP kuliah tahun 2021 ini juga memberikan biaya hidup yang jumlahnya berbeda-beda setiap siswa. 

Dengan adanya KIP kuliah ini akan banyak manfaat yang bisa digunakan oleh siswa dalam menunjang perkuliahannya. Misalnya saja pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah/pendidikan, dan bantuan biaya hidup bulanan.

Tanggal Penting Dan Jadwal Daftar Kip Kuliah
Tanggal Penting Dan Jadwal Daftar Kip Kuliah

Syarat Umum Pendaftaran KIP

Adapun syarat yang perlu diperhatikan untuk mendaftar KIP Kuliah tahun 2021 sebagai berikut:

  • Penerima adalah siswa SMA yang akan lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya.
  • Penerima memiliki nilai akademik yang bagus, namun terhalang pada ekonomi (dibuktikan dengan adanya dokumen sah)
  • Penerima lulus penerimaan mahasiswa baru melalui jalur masuk perguruan tinggi baik PTN maupun PTS. 
  • Syarat khusus, penerima KIP penyandang disabilitas yang telah diterima di perguruan tinggi serta mahasiswa afirmasi yang berasal dari Papua dan Papua Barat/3T dan TKI.

Selanjutnya, silakan download PDF panduan daftar KIP Kuliah terbaru lewat link download berikut ini:

Proses Pendaftaran KIP

Pendafataran KIP Kuliah dilakukan secara daring melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ ataupun dapat mendownload aplikasi KIP kuliah mobile Apps (berbasis android). Adapun pendaftaran ini bisa diakses oleh pihak individual (siswa itu sendiri) maupun pihak perguruan tinggi yang dituju (syaratnya sudah diterima di perguruan tinggi tersebut). Untuk mendaftar KIP kuliah bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Daftar Kip Kuliah
Daftar Kip Kuliah
  1. Melakukan registrasi dengan mengisi
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Alamat email (dianjurkan gmail)
  1. Kemudian, sistem akan memvalidasi isian data yang telah dilakukan. Apabila pendaftaran berhasil maka siswa akan mendapatkan email yang berisi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  2. Terakhir, siswa bisa masuk dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang telah diterima tersebut.

Sekian ulasan cara daftar KIP Kuliah terbaru di tahun 2021 ini dari Jambinow.com, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Related posts