How Good Is Java for Mobile Game Development?

games How Good Is Java for Mobile Game Development?

Saat ini, Android mendominasi pasar sistem operasi smartphone di seluruh dunia. Juga, statistik yang diposting di berbagai situs web menunjukkan bahwa Google Play Store sekarang menawarkan lebih banyak aplikasi dan game daripada Apple Play Store. Tren tersebut mencerminkan bahwa banyak pengembang lebih tertarik mengembangkan aplikasi dan game untuk platform Android.

Pengembang memiliki opsi untuk menulis aplikasi dan game untuk Android di C, C ++ atau Java. Tetapi Java adalah bahasa resmi untuk mengembangkan game dan aplikasi untuk sistem operasi seluler Google. Google selanjutnya merekomendasikan pengembang untuk menulis aplikasi dan game Android baru di Java. Selain itu, banyak pengembang merasa lebih mudah untuk menulis game seluler di Java daripada bahasa pemrograman lainnya.

Mengapa Banyak Pengembang Lebih Suka Menulis Game Seluler di Java?

Java adalah Bahasa Pemrograman Populer

Java saat ini adalah salah satu bahasa pemrograman umum yang paling umum digunakan. Pengembang memiliki opsi untuk menggunakan Java untuk mengembangkan aplikasi GUI desktop, aplikasi web, dan aplikasi seluler. Sehingga banyak pemula yang lebih memilih untuk mempelajari bahasa pemrograman yang dapat membuat berbagai macam aplikasi. Selain itu, Java memungkinkan pengembang untuk menulis, mengkompilasi, dan men-debug kode tanpa usaha ekstra. Ya karena; perusahaan dapat membuat aplikasi seluler dengan mudah dengan menggunakan programmer Java yang terampil.

Java adalah Bahasa Pemrograman Multithreaded

Pengembang tentu akan senang menulis game mobile dalam bahasa pemrograman yang mendukung penuh multithreading. Dukungan multithreading sangat penting untuk melakukan banyak tugas secara bersamaan dalam satu program. Sehingga pengguna dapat dengan mudah memainkan game mobile yang ditulis dalam bahasa Jawa sambil melakukan tugas-tugas lain seperti memeriksa email dan browsing internet. Dukungan multitasking memudahkan programmer membuat game yang memungkinkan pengguna berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya dengan lancar.

Memfasilitasi Pengembangan Game Lintas Platform

Tidak seperti bahasa pemrograman lain, Java memungkinkan pengembang untuk mentransfer aplikasi dari satu platform ke platform lain dengan lancar. Mereka programmer dapat menulis game seluler di Java sekali, dan menjalankannya di beberapa perangkat dan platform tanpa mengkompilasi ulang kode dan menggunakan dependensi implementasi tambahan. Menjadi lebih mudah bagi pengembang untuk membangun game seluler pertama mereka untuk sistem operasi Android, dan menggunakan kembali kode yang sama untuk memperluas game ke platform seluler lainnya.

Membantu Pengembang Membangun Game Tanpa Cacat

Seperti aplikasi seluler, game seluler juga perlu bekerja dengan lancar dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih kaya agar menjadi populer dan menguntungkan. Jadi pengembang harus memastikan bahwa kode yang ditulis oleh mereka tidak sempurna. Selain itu, harus segera mengidentifikasi dan memperbaiki bug atau cacat pada kode. Tidak seperti bahasa pemrograman lain, Java memungkinkan pemrogram untuk mengidentifikasi dan menghilangkan kesalahan pengkodean lebih awal dan cepat. Pemrogram selanjutnya dapat memanfaatkan kompiler Java untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi selama eksekusi kode.

Fitur Termasuk dalam Java 2 Micro Edition (J2ME)

Saat menulis game seluler di Java, pengembang dapat memanfaatkan fitur canggih yang disediakan oleh Java 2 Micro Edition (J2ME). Selain menjadi platform terbuka, J2ME juga menyertakan API Mobile Information Device Profile (MIDP). API MIDP membantu pengembang membuat aplikasi dan game untuk perangkat yang dibatasi. Versi terbaru dari MIDP API hadir dengan sejumlah fitur baru untuk membuat pengembangan game seluler lebih mudah dan lebih cepat.

Pemrogram lebih mampu menggunakan lingkungan dan perpustakaan runtime Java sehingga game berjalan dengan lancar di berbagai perangkat seluler. Pada saat yang sama, fitur antarmuka pengguna yang kaya dari J2ME memudahkan pengembang untuk membuat game mereka lebih baik secara visual. Selain itu, platform dapat mengantri operasi jaringan dan menangkapnya secara efisien. Oleh karena itu, pengembang dapat menggunakan J2ME sehingga pengguna dapat memainkan game meskipun tidak ada konektivitas internet.

Banyak Alat Pengembangan Game

Lebih banyak pengembang dapat menggunakan beberapa alat untuk membuat game seluler 2D dan 3D di Java dengan cepat. Misalnya, programmer dapat menggunakan mesin game 3D canggih seperti jMonkeyEngine untuk menciptakan dunia 3D yang menakjubkan. Alat ini semakin meningkatkan kinerja game Java secara signifikan, dan memungkinkan pengembang untuk mem-porting game ke platform yang berbeda.

Beberapa alat ini bahkan memungkinkan pemrogram untuk menulis game hebat di Java menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang banyak digunakan seperti NetBeans dan Eclipse. Alat pengembangan game ini memberikan kontribusi besar untuk membuat pengembangan game seluler Java menjadi populer.

Pengembang Java juga memiliki opsi untuk menggunakan beberapa alat pengembangan game seluler untuk membuat game hebat di Java dalam waktu yang lebih singkat. Alat 2D dan 3D yang disediakan oleh kerangka kerja memudahkan pemrogram untuk membuat game yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih kaya di beberapa perangkat yang didukung oleh sistem operasi Android.

Related posts