Optimus Humanoid Tesla Akan Segera Diproduksi Massal

Robot humanoid adalah inovasi ilmiah yang menarik dengan mesin yang terlihat seperti bentuk tubuh manusia, sambil melakukan tujuan fungsional seperti interaksi dengan alat dan lingkungan manusia untuk tujuan eksperimental dan kehidupan nyata.

Robot humanoid biasanya diikat dengan batang tubuh, kepala, dua lengan, dan dua kaki, tetapi beberapa di antaranya mungkin hanya memiliki pinggang ke atas.

Tesla dalam beberapa waktu terakhir, menjadi salah satu perusahaan teknologi besar di garis depan robot humanoid dan pada hari Jumat, CEO Elon Musk memamerkan prototipe robot humanoid ‘Optimus’ yang dikembangkan oleh perusahaan.

Musk, saat meluncurkan Tesla Bot yang berjalan di atas panggung, melambaikan tangan dan menggerakkan tangannya dalam gerakan dansa berkecepatan rendah meramalkan bahwa perusahaannya akan mampu memproduksi jutaan dari mereka, sementara itu menjual seharga $20.000 dalam waktu tiga sampai lima tahun.

Menurut Musk, Tesla dalam waktu tiga hingga lima tahun akan siap menerima pesanan untuk robot tersebut, bahkan ketika ia menggambarkan langkah perusahaan kendaraan listrik untuk mengembangkan Optimus selama satu dekade atau lebih.

“Tujuan kami adalah membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin,” kata Musk. Pada akhirnya bisa “membantu jutaan orang,” tetapi penggunaan pertama akan dilakukan di pabrik mobil Tesla, katanya.

Langkah Tesla untuk merancang dan membangun robot pasar massal yang akan diuji di pabriknya menunjukkan keunggulan perusahaan dari produsen robot humanoid lainnya.

Pada sebuah acara yang dirancang untuk memamerkan robot dan teknologi kendaraan otonom perusahaan, yang disebut Full Self-Driving, atau FSD, Musk telah menyindir bahwa “Robot dapat melakukan lebih dari apa yang kami tunjukkan kepada Anda. Kami hanya tidak ingin itu jatuh di wajahnya, “sebuah indikasi bahwa pasti ada lebih banyak lagi yang akan segera terjadi.

Pembukaan prototipe robot yang sangat dinanti-nantikan di kantor perusahaan Palo Alto, California dapat dianggap sebagai bagian dari klaim Musk atas kepemimpinan Tesla di bidang Kecerdasan Buatan, yang sebelumnya menyatakan bahwa itu bukan hanya platform yang membuat “mobil keren.”

Tesla telah menunjukkan video robot uji eksperimental yang dikembangkan pada bulan Januari, berjalan keluar, sambil melambai kepada orang banyak serta melakukan tugas-tugas sederhana seperti menyiram tanaman, membawa kotak, dan mengangkat batang logam di stasiun produksi di pabriknya di California.

Tetapi perusahaan selanjutnya meluncur ke platform yang lebih ramping saat ini yang melakukan gelombang lambat kepada orang banyak, dengan Musk mengemukakan bahwa itu lebih dekat dengan apa yang dia harapkan untuk dimasukkan ke dalam produksi. Musk lebih lanjut mengatakan ‘Optimus’ akan dapat berjalan dalam beberapa minggu.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus dan membuktikannya,” kata Musk, menambahkan kemudian, “Saya pikir Optimus akan menjadi luar biasa dalam lima atau 10 tahun, seperti menakjubkan.”

Menurutnya, tidak seperti robot humanoid yang ada yang “kehilangan otak” dan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri, Optimus akan menjadi “robot yang sangat mampu” yang ingin diproduksi Tesla dalam jutaan.

Tesla bukan satu-satunya pembuat mobil yang berinvestasi dalam robot humanoid, karena pembuat mobil lain seperti Toyota Motor (7203.T) dan Honda Motor (7267.T), di masa lalu telah mengembangkan prototipe robot humanoid yang dapat melakukan fungsi rumit seperti menembak bola basket, dan robot produksi dari ABB, tetapi Tesla dapat dikatakan menonjol sebagai perusahaan yang mendorong peluang pasar untuk robot pasar massal yang juga dapat digunakan dalam pekerjaan pabrik.

“Kami mencoba mengikuti tujuan jalur tercepat menuju robot berguna yang dapat dibuat dengan volume,” kata Musk.

Tesla, dengan mengembangkan bisnis robotika, Musk mengatakan, Twill akan mengubah ketentuan pernyataan misi terkenal yang telah menjadi bagian dari daya tariknya kepada investor dan aktivis iklim dengan berkomitmen untuk “mempercepat transisi dunia ke energi berkelanjutan.”

“Optimus tidak secara langsung sejalan dengan percepatan energi berkelanjutan,” kata Musk. “Saya pikir misinya agak meluas dengan munculnya Optimus – Anda tahu, saya tidak tahu: membuat masa depan menjadi luar biasa.”

Peluncuran prototipe ‘Optimus’ bukan tanpa tinjauan beragam seperti bahan AI lainnya di masa lalu, tetapi Musk yang sebelumnya menyoroti risiko kecerdasan buatan, mengatakan peluncuran massal robot berpotensi “mengubah peradaban” dan menciptakan ” masa depan kelimpahan, masa depan tanpa kemiskinan.” Namun dia mengatakan dia percaya bahwa penting bagi pemegang saham Tesla untuk memiliki peran dalam memeriksa upaya perusahaan.

“Jika saya menjadi gila, Anda bisa memecat saya,” kata Musk. “Ini penting.”

Beberapa tanggapan positif karena banyak Tweep memuji kecepatan upaya pengembangan Tesla sejak Agustus 2021 bahwa perusahaan mengumumkan proyeknya dengan aksi yang membuat seseorang berjas putih mensimulasikan robot humanoid.

Menurut Henri Ben Amor, seorang profesor robotika di Arizona State University, target harga $ 20.000 oleh Elon Musk adalah “proposisi yang bagus,” karena biaya saat ini sekitar $ 100.000 untuk robot humanoid.

“Ada beberapa perbedaan antara ambisi dan apa yang mereka tampilkan,” katanya. “Dalam hal ketangkasan, kecepatan, kemampuan berjalan dengan stabil, dan sebagainya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

Namun, seorang profesor teknik mesin di Universitas Carnegie Mellon, Aaron Johnson menegaskan bahwa kebutuhan robot itu masih bisa diperdebatkan.

“Yang benar-benar mengesankan adalah mereka mencapai level itu dengan sangat cepat. Apa yang masih agak kabur adalah apa sebenarnya kasus penggunaan bagi mereka untuk menghasilkan jutaan ini, ”kata Johnson.

Related posts