Bansos BBM Rp 600 Ribu Khusus Kelompok Nelayan
Bansos BBM Rp 600 Ribu Khusus Kelompok Nelayan

Penyaluran Bansos BBM Rp 600 Ribu Khusus Kelompok Nelayan Di Jawa Barat

jambinow.com – Pemprov Jabar mulai menyalurkan bantuan sosial (kesejahteraan) untuk meredam dampak kenaikan harga BBM khususnya bagi nelayan kecil, buruh perikanan dan nahkoda dengan kepemilikan kapal 5 gros ton atau kurang. Serta Pemprov Jabar dalam hal ini Bank BJB,” kata Dodo Suhendar, Kepala Dinas Sosial Jabar, dalam keterangannya, Sabtu, 5 November 2022.

Bantuan sosial akan dimulai pada Jumat, 04 November. didistribusikan secara bertahap 2022. Upaya meningkatkan daya beli masyarakat yang terkena dampak inflasi setelah pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Jawa Barat telah menyiapkan bantuan sosial sebesar Rp 600.000 yang akan diberikan dalam dua tahap.

Tahap pertama Rs 400.000 dijadwalkan akan didistribusikan pada 4-13 November 2022. Sedangkan tahap kedua Rp 200.000 akan disampaikan pada Desember 2022.

Penerima kesejahteraan dipilih secara khusus, yaitu kelompok nelayan kecil, nelayan, dan nakhoda dengan kepemilikan maksimal 5 gros ton. Jumlah total penerima kesejahteraan adalah 23.

Bansos BBM Rp 600 Ribu Khusus Kelompok Nelayan
Bansos BBM Rp 600 Ribu Khusus Kelompok Nelayan

632 rumah tangga sasaran di 16 kabupaten/kota. Khusus untuk penyaluran bansos di Cirebon, Sukabumi dan Cianjur, penyalurannya masih ditunda. Daerah-daerah tersebut masih menyempurnakan data target penerima bantuan sosial. Bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan. Data tersebut kemudian digabungkan dan dibandingkan dengan data DTKS, yang kemudian diverifikasi ulang oleh Biro Kependudukan dan Statistik Pribadi.

Penerima kesejahteraan menerima surat undangan dengan kode QR. Dana tersebut dibayarkan di lokasi yang telah ditentukan dengan menunjukkan kartu tanda penduduk penerima kesejahteraan atau surat keterangan dari pejabat pemerintah setempat.

Dana manfaat bansos hanya dapat diwakili oleh anggota keluarga pada KK (kartu keluarga) dengan surat kuasa bermaterai Rp. 10.000, KTP penerima dan dokumen kartu keluarga. dilakukan oleh ahli waris yang namanya tercantum dalam daftar ahli waris yang ditujukan kepada Dinas Sosial Jabar melalui media sosial.

About Eva Zulianti

Check Also

Waduhh!! Anggota G20 Mengecam Agresi Rusia

jambinow.com – Pada hari Rabu, 16 November 2022, G20 menyetujui pernyataan atau komunike, oleh para …

Segera Cek untuk Calon Mahasiswa !! Bantuan KIP Kuliah Capai Rp 12 Juta Per Semester

Segera Cek untuk Calon Mahasiswa !! Bantuan KIP Kuliah Capai Rp 12 Juta Per Semester

jambinow.com – Setiap tahun, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengalokasikan anggaran untuk …