Reasons To Choose Cross-Platform App Development Over Native App Development

game offlinegames download Reasons To Choose Cross-Platform App Development Over Native App Development

Seperti skenario pasar saat ini, umumnya orang lebih suka menggunakan opsi online terutama aplikasi seluler untuk hampir semua hal sekarang. Bisnis saat ini sebagian besar didorong oleh perspektif pengguna seluler. Dan menurut laporan Stats saat ini, hampir 65 persen pengguna seluler menggunakan aplikasi seluler untuk apa pun yang mereka butuhkan. Selain itu, orang menghabiskan lebih dari 60 persen dari total waktu penggunaan seluler mereka menggunakan aplikasi seluler yang berbeda. Laporan statistik telah membuktikan bahwa aplikasi seluler telah menjadi bagian integral dan tak terhindarkan dari kehidupan masyarakat saat ini dan merupakan bahan bakar untuk pertumbuhan bisnis yang cepat. Ini telah menciptakan jutaan aplikasi untuk lebih dari satu platform. Dan yang lain berusaha untuk membuat aplikasi dibangun sesegera mungkin dengan keandalan dan pengalaman perusahaan pengembangan aplikasi.

Namun, dalam hal pengembangan aplikasi, umumnya pemilik bisnis terjebak di antara opsi seperti pengembangan aplikasi asli atau pengembangan aplikasi lintas platform. Namun menurut penelitian dan studi, sebagian besar bisnis telah memilih untuk pengembangan aplikasi lintas platform sejauh ini. Dan ada banyak alasan untuk ini. Bisnis sekarang ingin mencapai jumlah maksimum pengguna seluler terlepas dari OS atau perangkat seluler apa yang digunakan pengguna. Google Play Store dibanjiri lebih dari 3 juta aplikasi dan Apple App Store memiliki lebih dari 2,5 juta aplikasi. Dengan jumlah yang besar ini, bisnis umumnya lebih cenderung hadir untuk Android dan iOS.

Meskipun pengembangan aplikasi asli dan pendekatan pengembangan aplikasi lintas platform dapat membantu membuat aplikasi untuk banyak platform, opsi yang lebih cerdas dan bijaksana dapat menjadi pilihan kedua yang merupakan pendekatan pengembangan aplikasi lintas platform. Dan ini adalah alasan utamanya.

Tetapi sebelum menyelami alasannya, mari kita lihat perbedaan utama antara lintas platform dan aplikasi asli.

Perbedaan dalam hal dasar pengembangan: – Salah satu tantangan utama yang sering dihadapi pengembang dengan pengembangan aplikasi asli adalah kebutuhan untuk menulis dan mengeksekusi basis kode terpisah untuk platform target yang berbeda. Saat membuat aplikasi asli, pengembang harus menulis kode untuk setiap platform asli dari awal dan menggunakan alat dan IDE asli. Sedangkan, dengan pendekatan pengembangan aplikasi lintas platform, pengembang hanya dapat menulis satu basis kode dan mengeksekusi yang sama untuk membangun aplikasi untuk semua platform yang ingin mereka targetkan.

Perbedaan operasional: Aplikasi asli dapat diluncurkan atau dioperasikan pada platform bawaan khusus, sementara aplikasi lintas platform dapat dioperasikan dan diluncurkan pada beberapa platform yang ditargetkan.

Sekarang, mari kita lihat alasan utama mengapa memilih pengembangan aplikasi lintas platform bisa menjadi pilihan yang lebih cerdas daripada memiliki aplikasi asli.

Siklus pengembangan aplikasi yang lebih sederhana dan lebih cepat:

Dalam pendekatan pengembangan aplikasi lintas platform, satu basis kode digunakan di berbagai platform dan itu membuat seluruh proses pengembangan aplikasi lebih mudah dan lebih cepat. Dengan kata lain, dengan pendekatan ini, pengembang mendapatkan kesempatan untuk menggunakan kembali kode yang sama, yang juga mengurangi upaya.

Mengurangi biaya pengembangan:

Karena basis kode, alat, dan IDE yang sama digunakan untuk membangun aplikasi untuk beberapa platform yang ditargetkan, ini mengurangi waktu pengembangan, yang juga mengurangi biaya pengembangan. Pendekatan ini juga mengoptimalkan penggunaan sumber daya, sehingga mengurangi biaya pengembangan aplikasi. Mempertimbangkan poin ini, Anda juga dapat mengatakan bahwa dengan mengurangi biaya pengembangan, aplikasi lintas platform memberikan peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas pada saat yang bersamaan.

MVP Cepat atau Produk Minimal yang Layak:

Produk Minimal Viable atau MVP adalah bagian penting dari lingkungan pengembangan aplikasi. Upaya terpusat dan pengurangan yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi lintas platform juga mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk memulai MVP. Basis kode tunggal digunakan untuk memberikan MVP dalam waktu yang lebih singkat dan Anda dapat menambahkan lebih banyak fitur nanti.

Integrasi yang mudah:

Lebih mudah untuk mendukung integrasi lintas platform dengan menggunakan lingkungan cloud.

Kode duplikat:

Banyak kode fragmentaris dibuat karena pengembangan aplikasi asli. Padahal, dengan pengembangan aplikasi lintas platform, pengembang menulis dan menggunakan kembali basis kode yang sama. Manfaat menggunakan kembali kode atau menduplikasi kode ini juga mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk men-debug kode karena pengembang hanya perlu men-debug satu basis kode untuk memastikan aplikasi yang sempurna dan bebas bug untuk berbagai platform.

Dengan laju cepat lanskap pengembangan aplikasi saya yang berubah dan bergerak maju, ini menjadi tantangan yang lebih besar bagi pengembang dan bisnis untuk diatasi. Namun, setelah banyak evaluasi dan analisis, terlihat bahwa aplikasi lintas platform dapat menghasilkan lebih banyak ROI dan juga dapat memperluas basis pengguna Anda, sehingga aplikasi Anda dapat berjalan di berbagai platform.

Related posts