Samsung Memperkenalkan Chip Memori GDDR7 Pertama Dari Jenisnya

Generasi berikutnya dari memori grafis, DRAM GDDR7, yang pertama di industri, telah hadir dikembangkan oleh Samsung dan akan disertakan dalam peluncuran peralatan komputer, mobil, dan game yang akan datang. Samsung membuat pengumuman ini pada hari Rabu. Chip baru kemungkinan akan ditambahkan ke sistem generasi berikutnya mitra utama perusahaan akhir tahun ini untuk pengujian. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, produk yang menggunakan memori GDDR7 Samsung mungkin akan tersedia di awal tahun berikutnya.

Menurut Yongcheol Bae, wakil presiden eksekutif Tim Perencanaan Produk Memori di Samsung Electronics. “DRAM GDDR7 kami akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna di area yang membutuhkan performa grafis luar biasa, seperti workstation, PC, dan konsol game, dan diharapkan dapat diperluas ke aplikasi masa depan seperti AI, komputasi performa tinggi (HPC), dan kendaraan otomotif.”

Generasi pertama dari modul memori 16GB GDDR7 Samsung yang baru, menurut perusahaan, akan memberikan “kecepatan tertinggi di industri”, sebagai hasil dari penggunaan teknologi Pulse Amplitude Modulation-3 (PAM3). PAM3 adalah jenis modulasi sinyal yang menawarkan bandwidth lebih tinggi daripada PAM2 yang digunakan di GDDR6. Berbeda dengan chip GDDR6 1.1TBps yang diungkapkan perusahaan tahun lalu, Klaim Samsung bahwa memori GDDR7-nya dapat menghasilkan bandwidth 1,5TBps.

Selain itu, Samsung mengklaim bahwa memori GDDR7 akan meningkatkan kecepatan pin hingga 32Gbps. Ini tidak secepat kecepatan 36Gbps per pin yang sebelumnya dinyatakan perusahaan ingin ditawarkan, tetapi ini 33 persen lebih cepat daripada kecepatan data 24Gbps per pin dari produk GDDR6 terbaik Samsung. Samsung telah meningkatkan kecepatan teknologi memori generasi sebelumnya, menurut AnandTech, dimulai dengan GDDR6 pada 14Gbps dan kemudian meningkatkannya menjadi 24Gbps. Oleh karena itu, kemungkinan besar Samsung dapat melakukan hal yang sama dengan chip GDDR7 setelah tersedia di pasar.

Samsung menyelesaikan pengembangan memori GDDR7 generasi berikutnya - The Verge

Di tahun-tahun mendatang, itu mungkin menawarkan peningkatan bandwidth yang lebih besar untuk kartu grafis. Menurut VideoCardz, model Micron GDDR6X dengan rating 24Gbps dari Nvidia GeForce RTX 4080 adalah memori GDDR6 tercepat yang saat ini ditemukan di GPU. Sebaliknya, sebagian besar GPU dengan memori GDDR6 biasanya beroperasi tidak lebih dari 20Gbps.

Menurut Samsung, DRAM GDDR7 20% lebih hemat energi daripada GDDR6 karena “teknologi desain hemat daya yang dioptimalkan untuk pengoperasian berkecepatan tinggi”. Perusahaan tidak memberikan informasi tambahan apa pun mengenai kinerja chip tersebut, tetapi akan memberikan opsi tegangan operasi rendah untuk perangkat keras, seperti laptop, yang harus lebih memperhatikan penggunaan daya. Samsung menolak untuk mengatakan metode manufaktur apa yang digunakannya untuk membuat DRAM GDDR7 terbarunya.

Samsung dilaporkan menggunakan senyawa cetakan epoksi baru yang dimaksudkan untuk mengurangi panas yang dihasilkan dan menghentikan komponen dari panas berlebih, menurut siaran pers. Dibandingkan dengan chip memori GDDR6, Samsung mengklaim bahwa ini menawarkan pengurangan 70% dalam ketahanan paket terhadap panas.

Penciptaan GDDR7 telah melibatkan seluruh industri. Meskipun Samsung adalah pabrikan pertama yang menyatakan bahwa pembuatan chipnya sendiri telah selesai, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan sebelum chip tersebut diproduksi secara massal. Solusi verifikasi GDDR7 pertama telah dirilis oleh perusahaan desain sistem Cadence, dan Mikron sebelumnya menyatakan yang direncanakan untuk merilis memori GDDR7 sendiri pada paruh pertama tahun 2024. Hal ini dapat menyebabkan persaingan di antara produsen memori untuk memiliki produk pertama yang siap dipasarkan.

About Jambi Now

Check Also

Meta Quest 3 Menampilkan Resolusi 30% Lebih Tinggi Dibandingkan Quest 2

Bertahanlah di kursi Anda karena sepertinya Meta kini meningkatkan permainannya untuk mendominasi ruang VR, karena …