Vendease Mengumpulkan $30 Juta Untuk Memperluas Layanan di Seluruh Afrika

Platform digital yang didukung Y Combinator, Vendease dalam putaran pendanaan ekuitas dan utang mengumpulkan $30 juta, karena startup berusaha untuk mengkonsolidasikan kehadiran operasionalnya di Nigeria, dan Ghana, sementara itu menyebar tentakelnya ke negara-negara Afrika lainnya.

Platform yang didirikan oleh Tunde Kara, Olumide Fayankin, Gatumi Aliyu, dan Wale Oyepeju memungkinkan restoran Afrika membeli persediaan, mengakses layanan keuangan, dan menjalankan operasi bisnis mereka, saat ini hadir di 8 kota di Nigeria dan Ghana.

Bersama-sama memimpin ekuitas seri A senilai $ 20 juta adalah dua dana terbesar yang berfokus di Afrika, TLcom dan Partech, dengan putaran ekuitas juga termasuk VentureSouq, dana Hustle, Hack VC, Dana GFR, Kube VC, Magic Fund dan Kairos Angels, yang kembali -diinvestasikan setelah berpartisipasi dalam putaran sebelumnya. Pasar keuangan lokal mampu meningkatkan putaran utang $ 10 juta dengan Andreata Muforo, mitra di TLcom, dan Cyril Collon, mitra umum di Partech bergabung dengan dewan Vendease sebagai direktur baru sebagai hasil dari investasi mereka.

Startup ini membantu industri perhotelan Nigeria dan Ghana dengan membuat kesepakatan pembelian massal dengan pemasok makanan, sementara itu menyimpan makanan, dan mengirimkan persediaan makanan dalam sehari dengan harga yang jauh lebih murah untuk restoran. Selama 12 bulan terakhir, perusahaan telah memindahkan lebih dari 400.000 metrik ton makanan melalui platformnya, dalam proses membantu banyak penggunanya menghemat lebih dari $2.000.000 dalam biaya pengadaan dan lebih dari 10.000 jam kerja pengadaan.

CEO Vendease, Tunde Kara mengatakan kepada TechCabal bahwa selama 12 bulan terakhir perusahaan telah melipatgandakan pertumbuhan pengguna di platformnya bahkan ketika pendapatannya tumbuh 5x lipat selama 12 bulan terakhir. Kara menambahkan bahwa angka-angka ini menunjukkan fakta bahwa Vendease telah membantu meningkatkan efisiensi aliran makanan.

Pendanaan baru, menurut Kara akan memungkinkan Vendease membantu restoran melacak perjalanan makanan dari bagaimana memasuki restoran hingga bagaimana akhirnya meninggalkan restoran ke konsumen, mencatat bahwa perusahaan sedang bergerak untuk memperdalam kehadirannya di 8 kota itu hadir di seluruh Ghana dan Nigeria, meskipun mengejar waktu pengiriman yang lebih pendek, sementara itu berkembang ke beberapa pasar lagi.

CEO mengumumkan bahwa sebagian dari pendanaan akan digunakan untuk perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) Vendease, yang membantu mengotomatiskan aliran makanan dari peternakan ke restoran, mengoptimalkan operasi bisnis di seluruh rantai nilai melalui penyebaran data yang akurat, mengurangi pemborosan, dan mendorong profitabilitas untuk restoran. Kara menegaskan bahwa meskipun perangkat lunak telah membantu banyak pelanggan perusahaan, masih ada “banyak di atas meja” untuk dicapai Vendease.

Dengan penggunaan perangkat lunak ER, setiap restoran yang ingin memulai dalam dua tahun ke depan akan memiliki akses ke platform plug-and-play yang memungkinkan pembiayaan, manajemen inventaris, manajemen resep, dan kebutuhan lainnya diurus. Kara percaya ini akan memberi siapa pun kesempatan untuk memulai sebuah restoran, sebuah kesempatan yang katanya sebelumnya tidak tersedia.

Perusahaan juga mengumumkan bahwa pengguna telah mengakses inventaris senilai lebih dari $ 12 juta melalui produk keuangan tertanamnya, dengan Kara mencatat bahwa fitur ini telah melihat kesuksesan besar karena Vendease telah meluangkan waktu untuk memahami basis penggunanya. CEO lebih lanjut mencatat bahwa perusahaan menggunakan penggunaan data untuk membantu basis penggunanya memecahkan sistem manajemen faktur dan inventaris yang norak, karena memungkinkan mereka untuk membayar kembali dalam waktu singkat.

Andreata Muforo, mitra di TLcom, dalam sebuah pernyataan, saat berbicara tentang kenaikan gaji, mengatakan:

“Restoran dan bisnis makanan memainkan peran penting dalam komunitas di seluruh benua dan Vendease memiliki misi untuk menghadirkan keterjangkauan, kenyamanan, dan keandalan untuk bisnis ini dan membangun platform yang memungkinkan sektor makanan yang lebih luas untuk mengoptimalkan operasi mereka. Kami berharap dapat bekerja bersama tim saat mereka mengejar fase pertumbuhan berikutnya dan membuka nilai signifikan dalam rantai pasokan makanan Afrika yang terfragmentasi.”

Related posts