Why Playing Online Games Is Beneficial

games edukasi Why Playing Online Games Is Beneficial

Daya tarik game online tidak pernah lebih populer hari ini daripada beberapa dekade yang lalu. Berkat akses internet yang terus meningkat dan perkembangan visual dan grafis yang konstan dengan fitur realistis, game online akan tetap ada. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa satu dari lima pengguna internet mengunjungi situs game dan jumlah ini akan terus meningkat selama beberapa tahun ke depan karena pengembang game menggunakan peralatan teknologi yang lebih canggih untuk membuat game lebih realistis. Meskipun beberapa orang mungkin mengklaim bahwa bermain game online bisa berbahaya, ada beberapa manfaat kesehatan dari bermain game online.

Meningkatkan Memori dan Perkembangan Kognitif

Game yang tersedia di internet tidak eksklusif, yaitu pemain memiliki akses ke berbagai game. Salah satu jenis permainan adalah dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mengembangkan keterampilan kognitif. Kita semua tahu bahwa manusia biasanya tidak menggunakan 100% fungsi otak dan jika ada, seringkali hanya satu sisi yang sering digunakan. Teka-teki, trivia, logika, dan permainan pemecahan masalah lainnya membantu meningkatkan fungsi otak dan ini tidak hanya ada di satu bagian otak tetapi di semua area. Seiring berkembangnya internet akhir-akhir ini, seseorang memiliki sumber permainan yang tidak terbatas, membuatnya lebih mudah untuk menantang diri sendiri dengan aktivitas baru dan menarik untuk dikerjakan.

Gerbang menuju Kesehatan dan Pemulihan

Orang yang memiliki masalah kesehatan atau yang baru sembuh dari penyakit juga dapat menggunakan alat game online yang dapat membantu mempercepat pemulihan mereka. Orang dewasa yang memiliki anak sakit juga dapat menemukan permainan yang akan membantu anak-anak memahami penyakitnya dan membuatnya lebih mudah untuk menderita penyakit tersebut. Beberapa permainan tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik menjadikannya alat yang cocok untuk tidak hanya mengembangkan kreativitas tetapi juga pemahaman. Beberapa organisasi nirlaba juga menggunakan game online untuk membantu anak-anak dan orang dewasa.

Meningkatkan Interaksi Sosial

Orang yang memiliki masalah interaksi sosial atau sangat pemalu, mungkin merasa sulit untuk mengembangkan teman di dunia nyata. Dilema ini dihilangkan terutama melalui role-playing game online. Sebagian besar game memiliki komunitas online sehingga mereka tidak merasa sendirian dan bahkan dapat menjalin persahabatan yang melampaui dunia maya. Hal hebat lainnya tentang ini adalah bahwa seseorang dapat menjadi diri sendiri dan tidak harus menipu diri sendiri agar dapat diterima sebagai komunitas game virtual yang menerima dan tidak membeda-bedakan usia, ras, dan jenis kelamin.

Related posts